Beranda » Khas Cirebon » Oleh-oleh wajib jika datang ke Kota Cirebon

Setiap kota tentunya memiliki kerajinan, makanan atau cemilan khas yang bisa kita bawa sebagai buah tangan untuk keluarga, teman, saudara dan kerabat. Makanan , kesenian, dan kerajinan khas tentunya menjadi identik sebuah kota, hal ini yang biasanya dirindukan oleh penikmatnya.

Berikut adalah Oleh – oleh dari kota Cirebon :

Sirup Tjampolay

Sirup Tjampolay menjadi salah satu kuliner andalan yang dimiliki oleh Kota Cirebon. Minuman ini telah diproduksi oleh Tan Tjek Tjiu sejak tahun 1936. Dengan cita rasa manis yang khas, tak heran jika sirup ini banyak digunakan sebagai salah satu sajian minuman di berbagai restoran hingga hotel setempat.

Oleh-oleh khas Cirebon yang satu ini tersedia dalam berbagai varian rasa, seperti pisang susu, stroberi, kopyor, moka, mangga, melon, cocopandan, dan leci. Untuk membawa pulang satu botol sirup Tjampolay ukuran besar, kamu cukup mengeluarkan uang sekitar Rp27.500.

Kerupuk kulit

Kerupuk kulit atau yang lebih dikenal dengan sebutan kerupuk rambak oleh masyarakat Indonesia ini merupakan salah satu camilan khas Cirebon yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Kerupuk kulit khas Cirebon umumnya terbuat dari kulit sapi, kerbau, atau ikan dengan cita rasa gurih yang akan bikin kamu ketagihan.

Kamu bisa membeli kerupuk kulit Cirebon dalam kondisi matang ataupun mentah dengan harga yang berbeda. Biasanya, harga disesuaikan dengan jenis kulit dan ukuran kemasan. Jika ingin dijadikan sebagai oleh-oleh, sebaiknya kamu beli kerupuk yang masih mentah agar lebih tahan lama.

Kerupuk melarat

Kerupuk melarat, ini adalah makanan khas cirebon. yang diolah menggunakan pasir bukan minyak goreng. So tidak takut kolesterol 🙂 . nah kenapa disebut kerupuk sebab masyarakat Cirebon belum mampu membeli minyak goreng pada awal pembuatan kerupuk ini (sekitar tahun 1920), sehingga digoreng hanya dengan menggunakan pasir.

Meski dibuat dengan cara unik dan sederhana, banyak warga lokal maupun wisatawan yang suka dengan kerupuk melarat. Saat menikmatinya, jangan lupa tambahkan sambal asam pada kerupuk melarat agar rasanya semakin nikmat. Kerupuk yang dibanderol dengan harga tak lebih dari Rp10.000 ini dijamin pas untuk menemani segala acara di rumah.

Terasi udang

Terasi udang khas Cirebon merupakan produk bumbu masak rumahan yang sudah terkenal hingga ke berbagai daerah di Indonesia. Buat kamu yang suka sambal terasi atau hidangan lain dengan olahan terasi udang sebagai tambahan, membeli oleh-oleh khas Cirebon yang satu ini adalah pilihan yang tepat.

Tidak jauh berbeda dari terasi di tempat lain, terasi Cirebon juga terbuat dari rebon atau udang yang berukuran sangat kecil. Bedanya, terasi udang di kota ini tidak menggunakan pengawet apa pun. Bentuknya yang ekonomis karena dibungkus dalam satu wadah siap saji tentu akan memudahkan kamu saat membawanya pulang ke rumah.

 

Hmmm apa cuma segitu ? Cemilan dan khas cirebon lainya masih banyak loh termasuk Batik Trusmi, Petis, Tahu Gejrot dan masih banyak lagi. Penasaran ? yuk ke kota Cirebon banyak destinasi menarik juga loh !, Selain Wisata Religi yang diatawrkan .

 

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.